PTK - USAHA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DARING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING
Pandemi Covid-19 telah mengubah proses pembelajaran di sekolah yaitu dengan melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh di SMA Virgo Fidelis dilaksanakan secara daring yang secara umum dilakukan secara asinkronus menggunakan LMS ataupun platform chatting. Pelaksanaan pembelajaran ini tidak berjalan dengan baik yang ditunjukkan pada ketuntasan klasikal penilaian tengah semester ganjil untuk mata pelajaran biologi sebesar 33 persen. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan blended learning tipe flipped classroom dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA sebanyak 21 orang. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar kognitif, psikomotorik, dan afektif. Hasil belajar yang diperoleh menunjukkan peningkatan. Ketuntasan klasikal kognitif pra siklus sebesar 33% dan diakhir siklus III sebesar 100% dengan nilai gain ternormalisasi sebesar 0,57 yang tergolong sedang. Ketuntasan klasikal psikomotorik pra siklus sebesar 52% dan diakhir siklus III sebesar 95% dengan nilai gain ternormalisasi sebesar 0,53 yang tergolong sedang. Ketuntasan klasikal afektif pra siklus sebesar 43% dan diakhir siklus III sebesar 100% dengan nilai gain ternormalisasi 0,78 yang tergolong tinggi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini adalah penggunaan blended learning pada pembelajaran daring dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia.
Oleh : Lukas Jalu Adi Laksita, S.Pd., Gr.
Video Siklus 1
Laporan lengkap dapat di lihat di Blog Pak Lukas